Kunjungi dan Perlu dicoba!!!

INGIN TAU DESAI RUMAH TERBARU HOME DESIGN IDEAS

Saturday, August 29, 2009

Awas bahaya Komputer dan teman-temanya

1.Printer Dapat Mengancam Kesehatan
Banyak menghabiskan waktu di kantor terkadang membuat Anda tidak meyadari bahaya yang mengancam. Perangkat yang sering Anda gunakan, seperti printer ternyata dapat menyebabkan paru-paru terganggu. Seperti yang diberitakan BBC baru-baru ini melalui hasil penelitian yang dilakukan Queensland University, Australia, bahwa toner pada printer laser dapat merusak paru-paru, yang sebanding dengan partikel yang dihasilkan rokok.
Riset ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah perangkat model dan merek printer, yang terbukti menunjukkan terjadinya pencemaran toner atau serbuk printer laserjet, pada paru-paru. Ini terjadi bagi mereka yang aktif menggunakan printer di dalam pekerjaannya, bahkan ini dapat dialami bagi Anda yang berada di dalam satu ruangan dengan mesin printer. Melalui sepertiga dari 60 mesin printer yang sedang diteliti, ditemukan terjadinya pencemaran partikel yang dihasilkan toner yang langsung masuk ke dalam paru-paru. Yang menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan, bahkan gangguan lain yang menyertainya.
Penelitian itu dilakukan di ruangan kantor yang tanpa sekat, dan diketahui penyebaran partikel berbahaya yang dihasilkan toner dapat naik hingga lima kali lipat besarnya. Jumlahnya akan semakin meningkat, jika mesin printer dibiarkan beroperasi selama jam kerja, yaitu delapan jam. Yang perlu diketahui adalah, masalah akan semakin parah, ketika toner yang baru akan dipasang atau bahkan ketika Anda atau rekan sedang print gambar, yang membutuhkan serbuk toner dalam jumlah yang tidak sedikit.
Saat ini memang belum ada solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini, namun dihimbau agar dilakukan perbaikan pada sirkulasi udara di setiap kantor. Dan menempatkan mesin printer di tempat terbuka atau memiliki ruang tersendiri.
2.Bahaya Bagi KompuTerers Hardcore
Menghabiskan waktu berlama-lama di depan komputer, selain membuat mata cepat lelah, juga mengakibatkan penyakit persendian tangan yang disebabkan karena terlalu lama menggunakan keyboard dan mouse. Penyakit yang dinamakan Carpal Tunnel Syndrome ini menyerang pergelangan tangan serta jari akibat tekanan yang terjadi pada bagian tersebut.
Bagi Anda yang sering pegal dan terasa nyeri pada bagian pergelangan tangan serta jari tangan, lebih baik waspadalah, mungkin Anda terserang Carpal Tunnel Syndrome. Penyakit ini tidak bisa dibilang enteng, karena dapat mengakibatkan putusnya pergelangan tangan, sehingga tidak dapat lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagai informasi, wanita cenderung beresiko terkena penyakit ini tiga kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan pria.
Bagi Anda yang mengalami tanda-tanda terkena Carpal Tunnel Syndrome, tidak perlu khawatir, karena penyakit ini dapat disembuhkan dengan melakukan terapi. Namun ada baiknya, sebelum Anda terkena penyakit ini, lakukan, lah, pencegahan, yaitu dengan mengetahui bagaimana cara duduk yang benar melalui posisi tangan yang tepat saat menggunakan keyboard atau mouse.
- Perhatikan posisi duduk Anda dengan komputer, minimal jarak pandang mata dengan komputer 60 cm.
- Pandangan mata kearah monitor sedikit ke bawah, yaitu sekitar 5-15 derajat lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.
- Hindarilah pantulan atau cahaya yang masuk ke monitor.
- Untuk posisi tangan yang berada di atas keyboard usahakan membentuk sudut 90 derajat, begitu pula dengan kaki.
- Mengatur bangku Anda, sehingga antara posisi tangan sejajar dengan meja saat Anda menekan keyboard.
- Hindari menggunakan komputer tanpa henti, sekitar lebih dari dua jam, sebaiknya berdiri sebentar, gerakan tangan dan kaki, seperti melakukan gerakan stretching. Yang dilanjutkan dengan berjalan sebentar. Lakukan itu secara teratur, sebelum Anda melanjutkan pekerjaan berikutnya.
- Sebaiknya gunakan penyangga mouse atau keyboard, agar posisi Anda semakin nyaman.
- Gunakan kursi yang dapat menyanggah posisi punggung Anda. Selain membuat nyaman, Anda, pun, tidak mengalami pegal-pegal di bagian punggung yang berlebih.

Photobucket

0 komentar:

Artikel lainnya

There was an error in this gadget

About This Blog

Followers

TUKERAN LINK,MAU?

Our Blogger Templates

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP