Kunjungi dan Perlu dicoba!!!

INGIN TAU DESAI RUMAH TERBARU HOME DESIGN IDEAS

Sunday, November 22, 2009

Lisa del Giocondo, Model Lukisan Mona Lisa Yang Sebenarnya

Mona Lisa-Lisa del GiocondoMona Lisa-Lisa del Giocondo

Lukisan Mona Lisa yang terkenal memang selalu menarik perhatian. Meskipun lukisan tersebut sudah dibuat berabad-abad yang lalu, namun orang masih saja ingin menggali lebih dalam mengenai potret lukisan yang menggambarkan senyum wanita tersebut. Anda juga penasaran kan siapa sebenarnya wanita yang tersenyum itu?

Para peneliti di Jerman akhir-akhir ini merasa yakin bahwa mereka mengetahui siapa model lukisan “Mona Lisa” yang sebenarnya. Lukisan Mona Lisa, merupakan lukisan karya pelukis Leonardo Da Vinci yang terkenal.

Yang diperkirakan menjadi model Lisa dalam lukisan tersebut adalah Lisa Gherardini, yang merupakan istri dari Francesco del Giocondo, yang berprofesi sebagai seorang saudagar kaya raya yang berasal dari Florence, Italia.

Akan tetapi para ahli sejarah seni berpendapat bahwa lukisan wanita tersenyum tersebut bisa saja merupakan lukisan dari kekasih Da Vinci, ibunda Da Vinci, atau bahkan dirinya sendiri.

Mona Lisa-Lisa del GiocondoSaat ini, para peneliti dari Heidelberg University library di Jerman meyakinkan bahwa tanggal yang tertulis di tengah buku yang bertuliskan October 1503 ditulis oleh pemiliknya menjelaskan bahwa sekali dan untuk selamanya Lisa del Giocondo merupakan model sebenarnya dari lukisan ternama karya Leonardo Da Vinci tersebut.
Seorang pakar berkata bahwa semua keraguan akan model sebenarnya dari lukisan Mona Lisa telah dihapuskan berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh Dr.Armin Schlechter.
Tulisan yang diyakini tersebut diperkirakan ditulis oleh Agostino Vespucci, yang merupakan seorang pecinta seni, yang terdapat dalam kumpulan tulisan Cicero, yang merupakan seorang orator Roma.
Pendapat itu juga menggabungkan Leonardo Da Vinci dengan seorang seniman Yunani yang bernama Apelles, dan ia melukis 3 kali dalam sehari, dan salah satu lukisannya adalah potret Lisa del Giocondo.

Seorang pakar seni yang menghubungkan tanggal lukisan tersebut dengan saat ini, bahwa penemuan Heidelberg merupakan penerobosan baru dan memberikan arti yang baru mengenai hubungan istri saudagar Francesco del Giocondo dengan potret lukisan tersebut.

Pakar sejarah seni dari Leipzig University Frank Zoellner berkata dalam siaran radio di Jerman, bahwa tidak ada lagi yang diragukan mengenai perempuan dalam lukisan Leonardo Da Vinci tersebut. Dengan kata lain, ia yakin bahwa istri Francesco del Giocondo merupakan model sebenarnya dari lukisan Mona Lisa.

Menurut seorang sumber, Heidelberg sebenarnya telah meneliti hal ini sejak dua tahun yang lalu di perpustakaan oleh Schlechter. Meskipun penemuan tersebut telah dicetak dalam catalog perpustakaan umum, namun penemuan tersebut belum dipublikasikan dan mendapat sedikit peringatan sampai seorang penyiar asal Jerman akhirnya setuju untuk membuat rekaman di perpustakaan tersebut.

Lukisan tersebut, yang dipajang di Museum Louvre di Paris, juga dikenal dengan nama “La Gioconda”, yang berarti wanita yang gembira di Italia, dan nama tersebut juga diperkirakan merupakan nama keluarga dari perempuan tersebut setelah menikah dengan suaminya.

Photobucket

Read more...

Saturday, November 21, 2009

Kiamat 2012 dan Patahnya Ramalan Suku Bangsa Maya


Akhir-akhir ini kita digegerkan dengan isu "KIAMAT 2012". Apalagi dengan munculnya film2 bertema "Kiamat 2012" yang "seolah2" mendukung isu ini. Dalam tahun 2009 ini saja kurang lebih ada 2 film bertema 2012 yaitu "2012 Doomsday" dan yang teranyar ialah "2012". Entah sengaja untuk mempropagandakan isu "Kiamat 2012" atau hanya untuk mengeruk keuntungan dari isu yang menghebohkan ini, tak bisa kita pungkiri film "2012" sangat mencuri perhatian publik. Bahkan dalam waktu 3 hari penayangan saja, produser film ini telah balik modal biaya produksi film ini yang mencapai 260 juta US$ (wow!!!). Dan tentunya kedepan mereka pasti akan meraup untung yang lebih besar lagi dari film ini.

Hmm..kita malah terlalu jauh membahas film "2012". Ok kembali ke topik!!!
Oy, temen2 dah pada tahu belum dari mana sebenarnya isu Kiamat 2012 ini muncul? Mungkin sebagian dah pada tahu dan sebagian lainnya belum. Yups, isu "Kiamat 2012" ini berasal dari "Ramalan Bangsa Maya"!!!..(Ups...sebenarnya bukan dari Ramalan sih tapi dari Kalender bangsa Maya. Seperti yang kita ketahui bangasa Maya adalah salah satu suku bangsa yang memiliki peradaban yang maju pada masanya. Dan menurut penelitian katanya bangsa ini "menghilang secara misterius" (entah apa yang terjadi, masih menjadi perdebatan di kalangan sejarahwan, kapan2 kita bahas ttg hal ini).

Ok, untuk mengetahui BENAR TIDAKNYA kaitan antara Kiamat 2012 dan Kalender Maya serta teori pendukungnya, mari kita simak artikel berikut. Let's cekidot!!!


Dari Pak Ma'rufin Sudibyo (LAPAN Indonesia)

Pak Ma'rufin berpendapat:

"Setelah membaca lebih jauh, berakhirnya kalender Maya di 21 Desember 2012 itu lebih disebabkan oleh berakhirnya siklus kalender, yang disebabkan oleh “kehabisan angka”. Sistem Kalender Maya berbasiskan pada bilangan 20 (bi-desimal) , berbeda dengan kalender lainnya yang berbasiskan bilangan 10 (desimal). Mengutip tulisannya mbak Avivah Yamani di langitselatan.com, dengan metode penulisan 0.0.0.0.0 dan hobi-nya suku Maya dengan siklus 13 dan 20 serta start kalender Maya ini ekivalen dengan 11 Agustus 3114 BCE, maka posisi 13.0.0.0.0 sebagai angka terbesar dalam kalender Maya ini akan ekivalen dengan 21 Desember 2012. Nah setelah 13.0.0.0.0 ini terlampaui, kalender Maya tidak mengenal angka 13.0.0.0.1 atau yang lebih besar, karena akan kembali ke posisi 0.0.0.0.1 alias angka paling kecil. Inilah yang saya maksud dengan “kehabisan angka” tadi. So, satu hari setelah 21 Des 2012 itu, atau pada 22 Desember 2012, kalender Maya memulai siklus barunya dengan angka 0.0.0.0.1.

Sementara jika meninjau fakta2 “ilmiah” yang dikatakan menyertai isu kiamat 2012 ini, sebagian besar juga meragukan. Sebut saja misalnya retaknya medan magnet Bumi, yang disebut-sebut telah mencapai panjang 160.000 km di angkasa sebagai South Atlantic Anomaly (SAA). Sementara fakta yang ada, SAA ini merupakan area dimana posisi sabuk radiasi van-Allen paling dekat dengan permukaan Bumi dan terjadi akibat perbedaan viskositas antara batuan kerak Bumi dan lapisan selubung dengan inti Bumi. Perbedaan viskositas membawa pada perbedaan kecepatan rotasi, yang (meski kecil sekali), memiliki beberapa efek, ya salah satunya munculnya SAA ini.

Sementara soal Yellowstone caldera yang dikatakan akan meletus dahsyat kembali (dengan memuntahkan tephra sedikitnya 2 juta km3, jika merujuk letusan terdahulu) guna mengikuti siklus letusan 600.000 tahun sekali, jika kita cek langsung ke USGS (yang langsung memonitor kaldera ini), ternyata Yellowstone memiliki periode letusan rata-rata 640.000 tahun. Jika kita “saklek” dengan angka ini, masih ada selang waktu 40.000 tahun bagi Yellowstone untuk meletus. Meski, dalam vulkanologi, yang namanya periode letusan rata-rata itu hanyalah menjadi patokan, bukan untuk keperluan prediksi apalagi peramalan. Sebut saja misalnya dengan Gunung Merapi di Jateng-DIY. Dalam perspektif vulkanologi, gunung ini seharusnya sudah meletus kembali karena periode letusannya 2 – 3 tahun (dengan letusan terakhir Juni 2006 silam), namun sampai kini gak ada aktivitas yang menunjukkan perkembangan ke sana.

Di Yellowstone, memang pada Januari lalu terekam adanya seismic swarm, alias rangkaian gempa2 vulkanik yang menjadi tanda migrasi magma. Namun selang waktu seismic swarm ini sangat pendek (hanya 2 minggu) sehingga tak bisa diterjemahkan sebagai adanya pasokan magma secara terus menerus yang sedang menembus kulit Bumi menuju ke permukaan kaldera. USGS menyebut seismic swarm berdurasi pendek ini biasa terjadi di Yellowstone caldera, demikian pula di kaldera2 lain yang ada di dunia baik mulai dari Toba (yang ini juga rutin direkam BMKG), Krakatau maupun yang paling muda seperti Pinatubo.

Sementara soal planet Nibiru, alias planet X itu, seperti pernah saya tulis, itu cuman mitos lama dari era Babilonia yang tak pernah bisa dibuktikan. Jika ada planet bernama Nibiru yang ukurannya hampir menyamai Saturnus itu, maka tentunya planet ini sudah nongol dalam pelat-pelat fotografis seabad silam ketika Clyde Tombaough dkk melakukan systematic search untuk menemukan Pluto. Apalagi dengan teknologi terkini dimana planet tidak hanya diobservasi dengan spektrum cahaya tampak semata, namun juga dengan inframerah, ultraviolet dan gelombang radio. Ketika teknologi astronomi masa kini bahkan demikian powerfull untuk menemukan sejumlah planet baru yang mengorbit bintang2 tetangga alias ekstrasolar planets, maka sulit diterima jika ada benda langit asing sebesar Saturnus yang masih bersembunyi dalam region tata surya kita, dalam rentang jarak dari orbit Pluto hingga kawasan awan komet Oort.

Memang, seperti pernah ditulis pak AR Sugeng R, potensi terbesar dari Kiamat 2012 adalah badai Matahari, dimana secara siklusnya pada rentang waktu 2011-2012 sunspot number Matahari memang mencapai puncaknya dan berkorelasi langsung dengan tingginya semburan proton energetik dari permukaan Matahari ke segala arah. Model2 matematis yang dikembangkan NASA menyebut badai Matahari ini akan menyamai peristiwa Carrington 1859 silam, dengan efek yang merusak terhadap sistem telekomunikasi, satelit dan kelistrikan. Sebagai gambaran, badai Matahari 1989 (yang kekuatannya mampu membelokkan arah jarum kompas hingga 7 derajat dari magnetic north) mengakibatkan kerusakan pada trafo listrik Ontario Hydro dan menyebabkan sebagian AS dan Kanada mengalami mati listrik hingga 9 jam. Dan dalam badai Matahari 2011-2012 (yang diperkirakan mampu membelokkan arah jarum kompas hingga 15 – 20 derajat), tentunya kerusakan itu bisa menjangkau daerah yang lebih jauh, bahkan hingga ekuator.

Tentang tumbukan benda langit, memang tata surya kita sedang melintasi bidang galaksi Bima sakti dan itu akan menyebabkan perturbasi gravitasi dari bintang2 tetangga kita menjadi maksimal. Persoalannya, kapan perturbasi itu mampu menghentakkan jutaan benda langit mini di awan komet Oort dan sabuk asteroid Kuiper hingga berubah menjadi komet-komet yang menghujani tata surya bagian dalam, saat ini belum bisa dikuantifikasi. Kita hanya tahu itu akan terjadi, tapi kapan ? Belum diketahui."
no body knows what will happen in 21-12-2012




Photobucket

Read more...

Wednesday, November 11, 2009

10 Fakta tentang KPK

1) KPK disahkan oleh DPR pada tanggal 19 Desember 2003 pada Era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri.

2) KPK sebenarnya merupakan "Anak yang tidak diinginkan" karena pembentukan KPK itu sendiri hanya sekedar formalitas pada awalnya. Namun ternyata KPK menjelma menjadi sebuah lembaga yang memiliki Taring untuk memberantas para Koruptor di Indonesia.

3) KPK saat ini memiliki Jumlah Pegawai 655 orang dengan unsur penindakan hanya 185 orang, untuk melayani sekitar 230 juta penduduk Indonesia.

4) KPK terdiri atas Gabungan seluruh unsur masyarakat mulai dari Profesional, pengacara, bankir, auditor, kepolisian, kejaksaan, LSM, Wartawan, dsb. Yang membuat mereka Tidak memiliki kepentingan tertentu atau Ego sektoral.

5) Total Jumlah pengaduan yang masuk sampai dengan Juni 2009 adalah 30.000 pengaduan. (http://www.kpk.go.id/modules/news/ar...p?storyid=3214). Bayangin gak sih hampir semua perkara korupsi Bertumpu pada KPK karena dipercaya?

6) Belum pernah ada Perkara Korupsi yang masuk ke KPK dihentikan (karena aturan memang tidak membolehkan kecuali TSK meninggal). Dan belum pernah ada Perkara yang ditangani KPK di Vonis Bebas oleh Pengadilan Tipikor.

7) KPK pernah menangani perkara yang melibatkan personilnya sendiri yaitu AKP. Suparman dan perkara Luar yaitu Jaksa Urip, sehingga kredibilitasnya diakui oleh Dunia Internasional.

8) Lembaga Penanganan Korupsi di Luar negeri khususnya Asia beramai-ramai melakukan studi banding dan belajar dari KPK atas pencapaiannya yang sangat luar biasa terutama saat menangkap pejabat negara mulai DPR sampai dengan Besannya Presiden. Hal itu menjadikan Indonesia naik derajatnya di Mata Internasional dan memperbaiki Iklim Investasi.

9) Belum pernah ada lembaga yang memiliki pencapaian penanganan korupsi yang sistematis seperti KPK dibanding lembaga penegak hukum lainnya dalam kurun waktu yang sangat singkat, dengan pengembalian kerugian negara pada semester satu Tahun 2009 adalah 4 Triliun Rupiah dengan hanya menggunakan Anggaran negara oleh KPK sebanyak 50 Milyar. (http://www.tvone.co.id/berita/view/1..._rp_4_triliun/)

10) KPK dicintai oleh Seluruh rakyat Indonesia (Kecuali koruptor) dengan bukti mereka berada dibelakang KPK saat KPK diberondong dan dilemahkan dengan kriminalisasi kewenangan KPK yang sangat Absurd. Dan menjamurnya gerakan-gerakan baik secara Riil di lapangan maupun di Dunia maya seperti Gerakan 1.000.000 dukung Chandra Hamzah dan Bibid Samad Rianto
Photobucket

Read more...

Monday, November 9, 2009

7 Menara Terkenal di Indonesia

Menara bisa menjadi suatu objek bangunan untuk menghias sebuah kota dan juga bisa dijadikan sebagai simbol kota. Di dunia, kita mengenal menara pisa, menara Eiffel, dan menara tertinggi dunia seperti al Buruj di Dubai. Tapi tahukah kamu tentang menara yang ada di Indonesia?

Tidak begitu banyak menara besar di Indonesia yang saya ketahui tapi ada beberapa menara yang paling saya kenal di Indonesia. Penilaian menara bukan berdasarkan tingginya tetapi berdasarkan terkenal dan bersejarahnya menara tersebut.

Berikut 7 menara terkenal di Indonesia:

1. Tugu Monas

PELUANG USAHAMonumen Nasional (Monas) adalah ikon ibukota Indonesia, Jakarta. Menara ini diresmikan pada 17 Agustus 1961 yang terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Monas memiliki tinggi 132 meter. Bentuk bangunan monas sangat unik berbentuk lingga yoni simbol kesuburan dengan puncak menara terdapat cawan yang menopang berbentuk nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kg. Lidah api atau obor ini sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan. Bangunan ini menambah keindahan kota Jakarta dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa naik ke lantai atas monas dengan menggunakan lift. Dari atas kamu bisa melihat hampir seluruh pelosok Jakarta.


2. Menara TVRI

PELUANG USAHAMenara TVRI terletak di Senayan, Jakarta. Gedung TVRI Pusat sebagai stasiun TV pertama di Indonesia selesai dibangun tahun 1962 sebelum Asian Games 1962. Tower pemancar TVRI berbentuk gedung menara dan ada lift yang bisa sampai ke atas. Saya kurang tahu berapa tepatnya tinggi menara TVRI, mungkin sekitar 100 m. Menara TVRI ini menjadi salah satu pemandangan menarik di antara bangunan yang ada di Jakarta. Menara TVRI ini juga menjadi sarana untuk percobaan tv digital pertama di Indonesia dengan pemancar DVB-T & DVB-H yang terpasang pada ketinggian sekitar 100 meter di menara TVRI Senayan.




3. Sky Tower Pulau Kumala

PELUANG USAHAKalimantan juga memiliki menara yang menarik, yaitu menara Sky Tower. Menara ini sangat unik karena terletak di sebuah pulau kecil di tengah sungai Mahakam, yaitu Pulau Kumala di Tenggarong, Kalimantan Timur. Menara ini memiliki tinggi 100 meter. Para pengunjung dapat melihat kota Tenggarong dari piringan di atas Sky Tower (menara berputar). Piringan tersebut dapat bergerak naik turun dan berputar 360 derajat. Untuk bisa sampai ke pulau Kumala bisa melalui 2 alternatif, yaitu naik kereta gantung atau naik perahu.






4. Monumen Mandala

PELUANG USAHAMonumen Mandala terletak di Jalan Raya Jenderal Soedirman Makassar. Dibangun pada tahun 1994 sebagai tugu peringatan operasi Mandala Jaya pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda. Di dalamnya terdapat diorama yang menceritakan proses pembebasan tersebut. Monumen Mandala memiliki tinggi 75 meter terbagi dalam empat lantai. Masing-masing lantai berisi simbol-simbol perjuangan pembebasan Irian Barat dan perjuangan rakyat Sulsel, termasuk zaman Pahlawan Nasional, Sultan Hasanuddin.






5. Tugu Pahlawan

PELUANG USAHATugu Pahlawan adalah ikon Kota Surabaya. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu yang datang bersama Belanda. Monumen yang memiliki tinggi 45 meter ini diresmikan pada 10 November 1952. Gedung ini berada di bekas reruntuhan pusatnya gerakan pemuda (PTKR = Polisi Tentara Keamanan Rakyat pimpinan Hasanudin Pasopati dan N. Suharyo Kecik). Sebelumnya tempat itu juga pernah menjadi gedung Raad van Justitie (gedung pengadilan) pada zaman Nederlands Indië, dan pada zaman Nippon menjadi markas Kenpeitai. Tugu Pahlawan ini mempunyai 10 lengkungan pada badannya yang melambangkan tanggal 10. Sedang 11 bagian di atasnya mengandung pengertian bulan ke 11 (November).

6. Menara Jam Gadang

Jam "gadang", atau "jam yang besar" merupakan landmark kota Bukittinggi ,Sumatra Barat. Kerajaan Belanda membangun Jam Gadang pada 1926. Denah dasar (bangunan tapak berikut tangga yang menghadap ke arah Pasar Atas) dari Jam Gadang ini adalah 13x4 meter, sedangkan tingginya 26 meter.

PELUANG USAHAMenara jam ini telah mengalami beberapa kali perubahan bentuk pada bagian puncaknya. Pada awalnya puncak menara jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan. Saat masuk menjajah Indonesia, pemerintahan pendudukan Jepang mengubah puncak itu menjadi berbentuk klenteng. Pada masa kemerdekaan, bentuknya berubah lagi menjadi ornamen rumah adat Minangkabau. Di lantai atas menara terdapat Mesin jam manual yang dibuat khusus oleh Recklinghausen. Konon Pria Jerman tersebut hanya membuat dua mesin sebesar itu. Kembarannya kini terpasang di Menara Big Ben, London, Inggris. Keunikan lainnya, Kontur tanah di sekitar jam gadang berjenjang dan juga tidak landai, sehingga sepintas bangunan Jam Gadang tampak miring seperti Menara Pisa.

7. Tugu Khatulistiwa

PELUANG USAHAAda tugu di dalam tugu. Itulah tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa merupakan ikon Kota Pontianak yang memiliki tinggi 15,25 meter dari permukaan tanah. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Tugu Khatulistiwa yang terlihat sekarang dibuat Tahun tahun 1990, dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli di dalamnya yang telah dibuat pada tahun 1928. Jadi bangunan tugu yang dibuat tahun 1990 adalah bangunan duplikat yang besarnya 5 x dari tugu asli dan berfungsi untuk melindungi tugu asli. Tugu Khatulistiwa ini terletak di garis khatulistiwa yang membelah Bumi menjadi dua bagian, Utara dan Selatan. Pada saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa bayangan tugu dan bayangan orang serta benda-benda di sekitar tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Di samping menara-menara tersebut tentu masih ada beberapa tugu atau menara di Indonesia. Diharapkan daerah-daerah di Indonesia juga membangun menara-menara tertinggi sebagai ikon daerahnya dan sebagai salah satu tujuan wisata yang tentunya bisa meningkatkan pendapat daerah. Kita juga akan menunggu yang kabarnya sedang akan dibangun di jakarta menara tertinggi di dunia

PELUANG USAHA

PELUANG USAHA


Read more...

Daftar penemuan penting di indonesia


1. Abdul jamil ridho & siti soedigdo - penemu varietas unggul singkong raksasa
2. Adi rahman adiwoso - penemu teknologi baru dalam telpon bergerak berbasis satelit
3. Alexander kawilarang - penemu kapal ikan yang bersirip
4.Andriaswiji setio pamuji - penemu reaktor biogas
5.Arief mulyana djumra - penemu pemacu produktivitas dan kualitas udang dan ikan
6. Aryadi suwono - penemu bahan pendingin lebih hemat listrik
7. Ayub s. Permana - penemu bakteri kompos organik
8. B.J. Habibie - penemu teori, faktor dan metode habibie (teknologi dlm pesawat terbang)
9. Budi noviantoro - penemu klip penambat bantalan kereta api dengan dua gigi
10. Dani hilman natawijaya - penemu indikator alam (terumbu karang)
11. Djuanda suraatmadja - penemu beton polimer yang ramah lingkungan
12. Eddy man, intan dan kanaka sundoro - penemu obat nyamuk obat nyamuk alami dan murah
13. Evvy kartiny - penemu penghantar listrik berbahan gelas
14. Fuad affandi - penemu pupuk dari air liur
15. Herman johannes - penemu tungku berbahan bakar briket arang kayu dan dedaunan
16. I gede ngurah wididana - penemu formula minyak oles bokhasi
17. I made budi - penemu formula sari buah untuk pengobatan
18. Lalu slamet martadinata - penemu alat pemanggil ikan
19. M. Djoko srihono - penemu penjernih air limbah
20. Marumi wiwin diarti - penemu senyawa antimikroba dan rumput laut
21. Minto - penemu kompor dan pengering hasil tani dengan tenaga matahari
22. Mumu sutisna - penemu hormon penyubur anakan padi
23. Mulyoto pangesTu - penemu teknis ekonomi pembekuan sperma
24. Neny nurainy - penemu penemu varian hepatitis B indonesia
25. Puji slamet arif - penemu motor listrik hemat energi
26. Rahmiana zein - penemu teknik pemisahan cairan dalam kecepatan tinggi
27. Randall hartolaksono - penemu formula kimia pemadam api ramah lingkungan
28. Rizal & jufri sahroni - penemu penghemat bahan bakar diesel
29. Robert manurung - penemu minyak jarak murni
30. Saverinus nurak - penemu mesin pompa tangan
31. Sutjipto & riyantori - penemu kontruksi dgn fondasi sarang laba-laba
32. Sutrisno - penemu alat perangkap lalat buah
33. Sedijatmo - penemu kontruksi fondasi cakar ayam
34. Septinus george saa - penemu rumus penghitung antara dua titik rangkaian resistan
35. Sofinhadi - penemu metode cincin untuk sunat tanpa luka
36. Sri wuryani mustadjab, evis m. Nirmala dan siwi hardiastuti - penemu pengawet aroma dalam hampa
37. Tjokorda raka sukawati - penemu landasan putar bebas hambatan sosrabahu
38. Warsimin adiwarsito - penemu marmer buatan
39. Widowati siswo mihardjo - penemu bahan baru untuk gigi palsu yang lebih aman dan murah
40. Windu harnowo - penemu penghemat bahan bakar mesin
41. Yanto lunardi iskandar - penemu ann
42. Yudi utomo imardjoko - penemu kontainer limbah nuklir
43. Zahlul badarudin - penemu zahlul integrate uniti (desain sistem efisien untuk produksi obat kimia).

















Photobucket

Read more...

fakta unik angka bilangan di Indonesia

Setiap negara bangsa, negara dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh. Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.

Bahkan bila ada yang masih ingat angka-angka tersebut dalam bahasa daerah teman-teman masing-masing dari satu sampai sepuluh maka kadang ada angka yang penyebutannya sama dan ada pula yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Mungkin tergantung dari enaknya di lidah atau di telinga.

Langsung saja. Di sini saya bukan mengajarkan Anda berhitung tapi coba perhatikan deretan angka-angka di bawah ini.

1 = Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan

Ternyata setiap bilangan mempunyai saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya Satu dan Sembilan.. Mempunyai huruf awal yaitu S dan bila diumlahkan satu dan sembilan hasilnya adalah sepuluh.

Begitu juga dengan Dua dan Delapan, Tiga dan Tujuh kemudian Empat dan Enam. Terurut sampai dengan angka Lima. Lima dijumlah dengan dirinya sendiri juga hasilnya sepuluh.

Tidak sampai disitu, ternyata huruf awalnya juga punya peranan penting terbentuknya bilangan itu. Misalnya Satu dan Sembilan sama-sama huruf awalnya adalah S yang secara kebetulan berada pada urutan 19 dalam alpabet. Bila angka satu dan sembilan dijumlahkan kemudian dibagi dua untuk mencari rata-ratanya maka hasilnya adalah 5. Bentuk angka 5 sangat identik dengan huruf S.

Kemudian Dua dan Delapan. Huruf awalnya adalah D yang urutan keempat. Bila delapan dibagi dua maka hasilnya adalah empat (pembenaran).

Selanjutnya Empat dan Enam. Huruf awalnya adalah E yang urutan kelima. Lima berada diantara Empat dan Enam (pembenaran lagi).

Sedangkan angka Lima huruf awalnya adalah L. Dimana L digunakan untuk simbol angka lima puluh dalam perhitungan Romawi (pembenaran yang masih nyambung).

Lalu bagaimana dengan Tiga dan Tujuh? Ternyata susah cari pembenarannya. Ditambah, dikurang, dibagi dan dikali ternyata belum juga ketemu. Tiga dikali tujuh hasilnya 21, kurang satu angka dengan huruf T yang urutan ke 20. Tapi simbol V digunakan untuk menunjukkan angka tujuh dalam perhitungan Arabic. Dan V diurutan ke-22.

Ternyata, tidak pake matematika. Cukup ditulis saja dikertas kosong kemudian pasti bisa ketemu hubungannya. Coba tulis huruf T kecil (t) di sebuah kertas. Kemudian putar kertasnya 180 derajat maka kamu bisa lihat angka tujuh dengan jelas. Lalu bagaimana dengan angka tiga? Juga sama. Tulis huruf T besar di kertas pake font Times New Roman kemudian putar 90 derajat ke kanan searah jarum jam. Tada…. Kamu pasti bisa lihat angka tiga dengan jelas. Tapi sedikit mancung. (pembenaran yang juga dipakasakan sekali).

Pola unik ini mungkin hanya bisa ditemukan di Indonesia. Lalu bagaimana dengan di Malaysia yang juga memakai bahasa yang sama? Ternyata di Malaysia angka 8 tidak disebut sebagai Delapan tapi Lapan. Jadi pola ini hanya milik Indonesia. Jangan sampai diklaim juga sama mereka.















Photobucket

Read more...

Pasar Setan Puncak Merbabu



MAKHLUK halus pun nampaknya perlu bertransaksi antar sesamanya. Buktinya ada Pasar Setan yang selalu ramai tiap malam di puncak Gunung Merbabu. Fenomena ini sudah lama beredar di lingkungan masyarakat yang tinggal di lereng Merbabu, salah satu gunung yang sangat dikeramatkan di Tanah Jawa. Konon di puncak, atau barangkali juga di salah satu bagian gunung ini terdapat apa yang dinamakan Pasar Setan.

Team Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) dari salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat, mencoba memastikan tentang keberadaan Pasar Setan Puncak Merbabu itu.

Tim Mapala yang berjumlah 9 orang berangkat 29 Maret 2001. Mereka adalah Rudi, Irwim, Jimmy, Edwin, Rahmad, Thomas, Amin Ridwan, Sutrisno.

Saat matahari terbit di langit ufuk Timur mereka telah sampai di Kaki gunung Merbabu dan perjalanan berlangsung tancar tanpa aral melintang. Sebagai langkah pertama, Rudi dan kawan-kawannya mulai beradapfasi dengan penduduk di sekitar kaki Gunung Merbabu yang sebagian besar masih berbahasa Jawa totok sambil menggali informasi seluk-beluk tentang kepercayaan adanya Pasar Setan. Berbagai informasi tentang segala sesuatu di Merbabu, Pasar Setan ada di satu tempat yang bernama Gedong Songo. Di tempat itu, mahasiswa pecinta alam tersebut menemui kejadian yang ganjil karena bertemu dengan jasad lelaki yang telah meninggal. Posisi mayat tersebut dalam keadaan semedi. Anehnya, tubuh lelaki ini sama sekali tidak menebarkan bau busuk. Hanya pakaiannya yang nampak lusuh dengan tubuh nampak kering kerontang.

Seorang anggota Mapala mencoba mengambil gambar jasad tersebut dengan jepretan kamera. Aneh sekali, ketika tombol kamera ditekan, tiba-tiba jasad tadi lenyap begitu saja, entah ke mana.

Kejadian aneh ini disaksikan oleh seluruh anggota tim. Melihat kenyataan ini, beberapa anggota tim tak dapat menutupi perasaan takut. Mereka mengusulkan agar pendakian dibatalkan.

Setelah musyawarah, keputusan yang diambil pendakian akan tetap diteruskan. Selama pendakian, warga setempat sudah mewanti-wanti agar sepatah katapun tidak boleh keluar berbau melecehkan keadaan setempat. Juga diwanti-wani agar bila bertemu atau menjumpai apapun kani diminta diam, tak perlu banyak komentar apalagi menduga yang tidak-tidak.

Beberapa jam kemudian sampai di Tanjakan Setan dan di tempat ini lebih mencekam lagi.

Malam hari, sebuah kejadian aneh kembali berlangsung. Persis pada tengah malam. Rudi yang terjaga dari tidur mengaku melihat ada 5 jasad perempuan yang seperti menempel di atas perbukitan dekat mereka berkemah.

Rudi yang terkenal sangat pemberani pelan-pelan membangunkan anggota tim yang lain. Namun apa yang terjadi, manakala kami semua telah bangun, ke lima jasad yang tertempel itu pun lenyap.

Pagi harinya, dari Tanjakan Setan, Erwin mencoba membidikan kamera untuk merekam alam sekitar Merbabu. Usai itu mereka pun mulai melanjutkan perjalanan menuju Pasar Setan. Di tengah-tengah perjalanan, Thomas yang telah diperingatkan agar tidak memakai baju merah, rupanya nekad memakai baju larangan tersebut. Ujung-ujungnya, Thomas kesasar ketika hendak membuang air kecil di dekat salah satu pohon. Dia kesasar sekitar 250 meter. la baru datang hampir sejam lamanya setelah kami duluan sampai di Pasar Setan.

Malam hari tiba, semuanya berubah. Perubahan tersebut terjadi pada suhu udara yang mendadak sangat dingin, begitupun keadaan di tenda-tenda kami yang tak jauh dari titik lokasi. Anehnya lagi, malam Itu sepertinya ada sebuah keramaian, namun tak ada siapa-siapa setelah diperiksa. Keramaian ini tak lain Pasar Setan yang dipercayai warga Gunung Merbabu.
















Photobucket

Read more...

Pancasila dalam Bahasa Daerah

pANCASILA-LOGO

Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berisi :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia



Pancasila (Jawa Ngoko)

siji: Gusti Alllah ora ono koncone
loro: Dadi wong kudu sing adil lan ojo kejem-kejem
telu: Indonesia bersatu kabeh
papat: karo tonggo-tonggo nek ono masalah diomongno bareng-bareng
limo: mangan ga mangan sing penting kumpul
Pancasila (Sunda)
hiji: Gusti Allah nu ageng pisan
dua: ka sorangan teh sikapna kudu sami, ulah di
beda-beda keun
tilu: Indonesiakuduna mah jadi hiji!
Opat: Rakyat Indonesiasaena pang mutuskeun sesuatu

teh disepakat keun heula. Biar bager lan bijaksana
Lima: Ceunah teh sikap sosialna kudu adil hiji
sareng lainna.
Pancasila (Batak Toba)
1. Dang adong na pajago-jagohon di jolo ni Debata
2. Maradat tu sude jolma

3. Punguan ni halak Indonesia
4. Marbadai ... marbadai, dungi mardame
5. Godang pe habis saotik pe sukkup
Poncosilo (jawa kromo)
kaping setunggal: Gusti ingkang Maha satunggal
Kaping kalih: Tiang ingkang Adil lan beradab

kaping tiga: persetunggalan Indonesia
kaping sekawan: Kerakyatan ingkang dipimpin kaliyan
hikmat lan kewicaksonoan dateng permusyawaratan
kang diwakilkan.
kaping
gangsal:Adil kang sosial kangge sakabehe

tiang Indonesia
Pancasila (Palembang)
sute: Tuhan ne sute tu'la
due: jelme harus khapat same rate
tige: jelme Indones iane bersatu padu
empat: jeleme Indonesiane diketuci ngai hikmah
dimane ngedapatkan jawaban dadi gegale masalah

Leme: kesameratean hidup ne jelmekangok Indonesia...
Pancasila (Ambon)
1. Torang samua tawu cuma ada Tuang Allah yaitu
Tete manu...
2. Orang ambon samu harus tau adat
3. acang deng obet harus bisa bakubae

4.Paitua deng maitua harus bae-bae di rumah rakyat
5. samu harus bisa jaga diri karna ambon lapar
makan orang..........
Pancasila (Manado)
1. Cuma boleh ba satu Tuhan
2. Selalu adil kong ja pake ontak

3. Torang samua satu, Bangsa Indonesia
4. Tu rakyat musti slalu bakumpul kong bicara bae-2
spy slalu ada kaputusan gagah yg semua trima deng
nang hati.
5. voor seluruh ra kyat Indonesia, nyanda ada tu jabaku

kase beda-2 perlakuan.
Pancasilo (Padang)
ciek: Bintang Basagi Limo
duo: Rantai pangikek kudo
tigo: pohon baringin gadang ta'mpek kito bacinto
ampek: kapalo banteng bataduk duo
limo: padi jo kapeh pambaluik nan luko.. Photobucket

Read more...

Wednesday, November 4, 2009

poster iklan guru private Sarah Aprilia di SMA di Jakarta

Sarah ApriliaSarah Aprilia? Ya nama ini mendadak meroket di jagat Internet. Gw gak ngerti, kenapa banyak banget orang yang ngomongin Sarah Aprilia, siapa sih dia? artis? model? bintang film? atau siapa yaa.

Berdasarkan informasi yang gw dapetin, Sarah Aprilia itu adalah seorang guru les privat. Dia ngajar privat Bahasa Inggris dan Matematika untuk anak-anak sekolah, dari SD sampai SMA, bahkan untuk anak kuliah juga katanya. Dia dulu sekolah di Zurich International School di Swiss. Dia kelahiran bulan Oktober dengan zodiak Libra. Tapi kok nama dia ‘Aprilia’ yaa?
Les atau pelajaran tambahan memang terkadang menjadi suatu hal yang ngebosenin bagi siswa. Dari iklan tersebut, bisa dilihat image apa yang bisa diciptakan oleh Sarah Aprilia terhadap les private. Nah dengan Sarah Aprilia, tanpa disuruh sama orang tuanya, pasti anak-anak sekolah terutama cowok-cowok jadi semangat lagi belajar haha.

Di milist kini heboh soal pembicaraan guru les bernama Sarah Aprilia, wanita Indo - German yang mengaku sebagai guru panggilan.

Melalui poster dan informasi dari situs jejaring sosial Facebook, Sarah menyebarkan informasi diri dalam yang isinya bahwa dia bisa mengajar melalui les privat (guru panggilan), namun karena berwajah cantik dan langsing, Sarah justru menjadi bahan obrolan serius para penggila milist.

Sarah ApriliaDari informasi yang beredar,wanita yang tinggal di Cilandak, Jakarta Selatan tersebut yang bernama asli Raline Rahmad Shah adalah guru les khusus yang jago Matematika dan bahasa Inggris, juga dikabarkan hanya wanita khayalan para forumer.







-------------------------
-------------------------

* . Name : Sarah Aprilia
* . Nick Name : Sarah
* . Religion : Moslem
* . Age : 23 Years old
* . Birth Date : OCtober
* . Status : Single
* . Education : Graduated from Zurich International School Swiss
* . Occupation : Private English and Mathematics teacher
* . Students : Junior High School, Senior, University Student
* . No Handphone : 0817-01-727XX
* . Email : sarah.aprilia86@yahoo.com
* . Born : Indo - Germany
* . Domicile : Cilandak
Photobucket

Read more...

Artikel lainnya

About This Blog

Followers

TUKERAN LINK,MAU?

Our Blogger Templates

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP