Kunjungi dan Perlu dicoba!!!

INGIN TAU DESAI RUMAH TERBARU HOME DESIGN IDEAS

Thursday, August 6, 2009

Keutamaan bln sya'ban untuk menyambut ramadhan


Dinamakan sya'ban, karena berasal dari kata syi'b, yaitu jalan disebuah gunung atau jalan kebaikan. Karena orang2 arab pada jaman tsb Yatasya'abun(berpencar) untuk mencari sumber mata air, krn mereka tasya'ub (berpisah di gua-gua). Dikatakan juga karena bulan ini muncul (sya'aba) di antara dua bulan yaitu : Rajab dan Ramadhan. Pada bln ini banyak terdapat kejadian & peristiwa yang patut memperoleh perhatian kaum Muslim.....,
diantaranya:

1. PERUBAHAN ARAH KIBLAT
Pada bln Sya'ban, arah kiblat berpindah dari Baitul Maqdis di Palestine ke Ka'bah di Makkah al Mukarramah.

2. Diangkatnya amal manusia
Pada bln Sya'ban amal-amal manusia diangkat ke langit. Usamah bin zaid ra berkata, "Ya Rasullullah,saya tidak pernah melihatmu berpuasa dalam suatu bulan dari bulan-bulan yang ada seperti puasamu pada bulan Sya'ban.
"Beliau bersabda, " Itulah bulan yang manusia lalai darinya,bulan antara Rajab Ramadhan.

3. Keutamaan puasa pada bulan Sya'ban.
Aisyah ra, menuturkan bahwa Rasullullah saw pernah bersabda, Aku tidak pernah melihat satu bulan yang paling banyak beliau berpuasa kecuali pada bulan sya'ban. Menurut Ibn Rajab, sesungguhnya Rasullullah mengkhususkan bln sya'ban dgn puasa adalah untuk mengagungkan bln Ramadhan.

4. Turunnya ayat tentang shalawat kepada Nabi Muhammad saw.
Pada bulan sya'ban Allah SWT menurunkan ayat tentang anjuran membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw (Qs al-Ahzab : 56)

5. Sya'ban adalah bulan al-Qur'an.
Bulan sya'ban dinamakan juga bulan al Qur-an. Memang membaca al Qur'an selalu dianjurkan setiap saat dan tempat. Namun ada saat2 tertuntu pembacaan al Quran itu lebih dianjurkan, sprti pd bln Syaban & Ramadhan.

6. Malam Nishfu Sya'ban.
Pada bln Syaban terdapat malam yg mulia dan penuh berkah yaitu malam Nishfu Sya'ban. Pada malam ini Allah SWT mengampuni orang2 yang meminta ampunan, mengasihi orang yang minta belas kasihan, mengabulkan doa doa orang yang berdoa, menghilangkan kesusahan dan AKU ampuni? Adakah orang meminta rezeki, maka akan Aku beri rezeki? Adakah orang yang tertimpa musibah, maka akan aku selamatkan? Adakah begini atau begitu? (HR Ibnu Majah). Apalagi bulan ini adalah " pintu masuk " menuju bulan suci Ramadhan. Sudah selayaknya setiap umat muslim mempersiapkan diri pada bulan ini, dgn memprbanyak amal ibadah dan ketaatan, tdk lain dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan untuk meraih keutamaannya yang jauh lebih besar. Sebab di dlm bln suci Ramadhan ada malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan (Qs al-Qadar : 2)

Akhirul kalam, semoga Allah SWT memberkati kita di bulan Rajab dan Syaban ini, dan semoga Allah memberikan kesempatan kepada juragans, brothers & sisters untuk bisa berjumpa dengan bulan suci Ramadhan yang akan datang.




0 komentar:

Artikel lainnya

About This Blog

Followers

TUKERAN LINK,MAU?

Our Blogger Templates

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP